Gaji Rp 4 Juta Per Bulan? Ini Daftar Kendaraan Beroda Empat Bekas Yang Dapat Dibeli

Mobil Nissan March bekas di sebuah showroom kendaraan beroda empat Bekasi (Foto: Luthfi Anshori)Mobil Nissan March bekas di sebuah showroom kendaraan beroda empat Bekasi (Foto: Luthfi Anshori)

Bekasi - Mobil bekas dengan tahun buatan yang muda bisa jadi pilihan menarik bagi detikers yang ingin mempunyai kendaraan keluarga, namun dengan penghasilan yang pas-pasan.

"Beli kendaraan beroda empat seken tapi dengan kilometer yang masih rendah, terus mesinnya masih apik sih nggak duduk masalah daripada beli baru," kata Sales Mobil88 Bekasi Gilang Prasetyo Manoppo, ketika ditemui detikcom di Medan Satria, Bekasi, selesai pekan lalu.



Ambil pola contohnya detikers hanya punya penghasilan sebesar Rp 4 jutaan per bulan, tetap masih bisa mengambil kredit mobil bekas, dengan kondisi yang baik. Pantauan detikcom di dua diler besar di Bekasi, mobil88 dan Sentral Motor, ada beberapa merek kendaraan beroda empat yang dibanderol di harga di bawah Rp 100 juta dan di atas Rp 100 juta.

Namun bila detikers ingin mengambil beban angsuran yang rendah dan tenor kredit yang cepat, syaratnya harus bayar uang muka lebih besar.



"Semua (harga mobil) bisa terjangkau kalau DP nya gede ya. Balik lagi ke konsumen. Dia ada duit nggak buat DP gede," sambung Marketing Sentral Motor Singgih Wicaksono.

Sebagai ilustrasi, bila ada calon konsumen berpenghasilan Rp 4 juta per bulan dan ingin membeli Toyota Avanza G MT 2015 dengan harga OTR Rp 156 juta, maka ia harus membayar uang muka sebesar Rp 100 juta, agar bisa mengangsur selama 3 tahun (36 kali), dengan rincian angsuran bernafsu Rp 1,5 jutaan per bulan.

"Rumus dari leasing biasanya kayak gitu. Makara income dibagi tiga. Misalnya honor Rp 4 juta dibagi 3. Nah hasil dari itu buat biaya angsuran. Makara sesuai sama kemampuan," lanjut Singgih.

Tapi bila belum mempunyai uang cukup untuk membayar DP yang besar, detikers bisa pilih cara lain, adalah dengan DP minimum tapi dengan tenor kredit yang panjang.

Misalnya ketika ingin membeli Toyota Agya G TRD 2014 dengan harga OTR Rp 103 juta, maka bisa pilih DP minimum Rp 10 juta, dengan tenor maksimum 6 tahun. Sehingga didapat angka cicilan bernafsu sebesar Rp 1,3 juta yang harus disetor 72 kali.

Tapi ingat, angka cicilan tersebut belum termasuk biaya administrasi, tarif asuransi, serta tarif bunga. "Kalau bunga dari leasing biasanya sekitar 9,5% hingga 15%," pungkas Singgih.

Berikut Pilihan Merek Mobil Bekasnya

Mitsubishi Mirage Exceed 2016: Rp 146 juta
Toyota Avanza G MT 2015: Rp 156 juta
Suzuki Ertiga GL 2017: Rp 158 juta
Suzuki Swift GX AT 2013: Rp 159 juta
Daihatsu Terios TX 2013: Rp 148 juta

Suzuki Splash GL 2014: Rp 111 juta
Nissan Grand Livina XV 2014: Rp 136 juta
Daihatsu Sigra R DLX 2016: Rp 116 juta
Daihatsu Xenia Sporty 2011: Rp 106 juta
Toyota Agya G TRD 2014: Rp 103 juta



Simak Juga 'Saat Presiden Bank Dunia Naik Mobil Bekas Taksi di Bali':

[Gambas:Video 20detik]

Tag : Mobil
0 Komentar untuk "Gaji Rp 4 Juta Per Bulan? Ini Daftar Kendaraan Beroda Empat Bekas Yang Dapat Dibeli"

Back To Top