Jangan Terlena Dengan Fitur Cruise Control

Tombol untuk mengaktifkan cruise control di Wuling Almaz. Foto: Rangga RahadiansyahTombol untuk mengaktifkan cruise control di Wuling Almaz. Foto: Rangga Rahadiansyah

Jakarta - Fitur pada kendaraan ketika ini memang sangat memanjakan. Salah satu fitur yang menciptakan pengendara nyaman yakni cruise control.

Cruise control ini dapat digunakan di jalan tol yang lancar. Mungkin fitur ini gres dapat digunakan di perjalanan antar-kota melintasi jalan tol.

Cruise control yakni fitur pada kendaraan yang memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas terus-menerus. Misal cruise control di-set di kecepatan 80 km/jam, maka kendaraan beroda empat akan melaju di kecepatan itu dalam keadaan konstan. Di beberapa mobil, untuk menonaktifkan cruise control cukup menekan pedal rem maka kecepatan akan berkurang.



"Ini salah satu fitur yang dapat menciptakan pengemudi lebih nyaman berkendara. Ketika ditahan di kecepatan tertentu gres diaktifin, gas dapat dilepas," kata Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Buat yang belum biasa memakai cruise control mungkin akan berbahaya kalau tidak tahu cara mengantisipasinya. Jangan hingga ketika kaki pengendara lebih santai alasannya yakni tak perlu menginjak pedal gas lagi malah menciptakan terlena.



"Jangan hingga pas pakai cruise control, begitu harusnya ngerem beliau sala malah gas yang beliau injak alasannya yakni kaki nggak tahu stand by di mana," sebut Sony.

"Menurut aku balik lagi kepada kita ngenalin kendaraannya, harus memperhitungkan kondisi yang tidak terukur. Kondisi ngerem mendadak, menghindar atau bahkan sering terjadi crosswind (terpaan angin samping). Crosswind itu harus mengurangi kecepatan. Kalau kita mau nginjak rem tapi tan diinjak malah gas, bahaya. Fitur-fitur ini harus benar-benar dipahami bagaimana pengoperasiannya," sambungnya.
0 Komentar untuk "Jangan Terlena Dengan Fitur Cruise Control"

Back To Top